Macam-Macam Kain Tradisional Untuk Referensi Bahan Membuat Baju

Macam macam kain tradisional

Macam macam kain tradisional

Hai teman teman, apa kabar ? Baik baik saja kan ?

Batik ? Ya pasti kita semua tau dong jenis kain yang satu ini, kain dengan motif indah dan bermacam macam ini adalah milik indonesia asli, pastinya kita semua tau ya.. Namun taukah kalian jenis kain tradisional di Indonesia bukan hanya batik saja loh, mungkin beberapa kain tersebut tidak se populer si batik ini, tapi jangan salah keindahan dari kain kain tradisional ini tak kalah dari batik lho .. pastinya kalo teman teman pakai jadi kelihatan Indonesia banget nih.

Apa saja sih kain kain tradisional itu, yuk langsung saja kita simak uraian dibawah ini , lets go

  • Sasangiran

Sasangiran adalah kain adat khas suku Banjar Kalimantan Selatan. Cara pembuatannya kain di ikat dan dicelupkan ke dalam berbagai warna segingga menghasilkan motif yang beragam, nah tidak hanya bermotif indah namun sasangiran ini juga menyuguhkan tampilan yang formal dan elegan .

  • Ulos

Ulos merupakan kain tradisoanal batak yang berbentuk selendang, ulos sendiri biasanya digunakan sebagai pelengkap pakaian Tradisional. Dari cara pembuatannya ulos merupakan kain tenun halus, tidak dibuat dengan mesin, ulos sendiri biasanya dibuat dengan warna merah, putih, atau hitam, walaupun dibuat dengan warna sederhana namun tetap memiliki tampilan simple dan tegas.

  • Sarung bugis

Sarung bugis merupakan kain tenun spesial, gimana ga spesial bahan pembuatan kain ini adalah sutra, ditambah dengan perpaduan warna yang agak ramai dan motif kotak, pasti amazing banget ya temen temen

  •  Lurik

Kain lurik ini banyak di temui di daerah solo dan yogyakarta. Pada awalnya kain lurik ini disebut sebagai kain murah karena hanya terbuat dari bahan katun biasa. Namun sekarang banyak imovasi pada penggunaan kain lurik ini, mulai dari tambahan untuk kemeja, blus, dress, bahkan kebaya, corak simple dan klassik ini akan membuat pakaianmu lebih keren nih temen temen .

  • Tapis

Kain yang berasal dari lampung ini memiliki corak atau motif  yang khas. Namun kain ini masih jarang digunakan untuk pembuatan kemeja, dress, dll ya karena kain ini merupakan kain adat jadi hanya dipakai pada saat saat dan acara acra tertentu ya teman teman .

  • Tenun dayak

Kain dengan motif berpola asimetris ini  menghasilkan kain yang khas banget. Menggunakan warna warna cerah dalam pembuatannya. Kain ini bagus banget deh pokoknya.

  • Poleng

Kain bermotif kotak kotak dan memiliki warna hitam putih ini akan banyak kita jumpai di daerah bali, biasanya kain ini digunakan untuk keperluan religius, namun tidak jarang juga akan kita jumpai kain ini digunakan sebagai dekorasi. Pastinya bagus banget ya temen temen.

Itu dia beberapa jenis kain tradisional dari Indonesia, masih banyak lagi kain kain Tradisional yang belum admin sebutkan , tentunya karena keterbatasan pengetahuan admin.

Kita sebagai Warga Negara Indonesia harus mencintai produk produk dari negri ini, seperti kain kain tradisional. Jangan sampai kita hanya menggunakan kain kain impor dari luar negri, pakai kain impor tidak dilarang kok tapi kain tradisional juga harus dilestarikan ya, agar tidak tergeser oleh kain kain impor dari berbagai negara. Dan tentunya ketika kita memakai kain tradisional akan menggarmbarkan tampilan Indonesia banget. Kan udah ada kaiinnya beragam gini ga dipakai kan sayang ya ngga . Sekian dulu pembahasan kali inu Mohon maaf atas kekurangannya.

Pengunjung Juga Menulis :

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

powered by proof factor - increase conversions with social proof notifications