Wajib Tahu!! Arti Macam-Macam Motif Baju Batik Pekalongan

Batik Pekalongan

Batik, merupakan karya seni asli Indonesia, batik adalah suatu karya seni. Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang begitu cepat dan canggih, batik kini dapat dijumpai di bebrbagai negara di Dunia, misal, malaysia, india, dll .

Macam batik sangat beragam, memiliki pola atau motif yang khas dari setiap macamnya. Nah salah satu batik yang sangat popoler di Indonesia adalah batik Pekalongan.

Pekalongan terletak di provinsi Jawa Tengah, batik pekalongan memiliki ciri khas yang biasa disebut sebagai batik pesisir, batik pesisir ? Hmm disebut batik pesisir karena sebagian pembuat atau pengrajinnya tinggal di daerah pesisir pantai Jawa Tengah.

Batik Pekalongan sendiri memiliki beberapa  macam motif. Yuk langsung saja kita bahas pada uraian di bawah ini

 Batik Pekalongan

Dibawah ini beberapa macam motif batik pekalongan

1.Motif Jlamprang

Pertama akan kita mulai dari motif satu ini nih, motif Jlamprang merupakan suatu motif yang memiliki aksen geometris, biasanya motif Jlamprang ini dibuat menggunakan lebih dari 2 warna.

Motif Jlamprang ini memiliki 2 filosofi,

Filosofi yang pertama menerangkan tentang kebudayaan umat islam yang tetap melindungi silaturahmi dan hodup rukun, sedangkan filosofi yang ke 2 lebih condong mengarah pada orang hindu.

2. Motif Liong

Orang orang tionghoa sudah ada atau menetap sejak zaman dahulu di pulau jawa, begitu pula di pekalongan, batik Pekalongan dengan motif Liong ini merupakan motif batik yang dibuat dengan andil orang orang tinonghoa tersebut. Nah saat kita memperhatikan ornamen dari motif liong ini kita akan melihat tema berupa makhluk khayalan seperti naga.

BACA JUGA  Daftar Ongkos Jasa Jahit Jilbab, Baju wanita, Seragam Sekolah dan Kebaya di Jogja | WA 0812-2521-7523

3.Motif Semen

Batik pekalongan dengan motif semen, merupakan batik asli asal daerah Pekalongan , jika dilihat sepintas batik semen Pekalongan ini mirip dengan dengan batik semen asal Yogyakarta dan Solo , yang membedakan antara motif semen pekalongan dengan motif semen Yogyakarta dan motif Semen Solo adalah, pada batik semen Pekalongan tidak memiliki unsur berupa cicak, dan lebih didominasi oleh gari garis dekoratif. Kita akan menjumpai ornamen pendukung berupa burung garuda atau tumbuh tumbuhan. Burung garuda memiliki filosofi berupa burung yang gagah perkasa.

Selain batik Pekalongan ada juga macam batik yang lain, seperti dibawh ini

4. Motif batik Priyangan, Tasik

Batik ini memiliki motif berupa tumbuhan yang di gambar secara simetris dan rapi. Gambar yang simetris dan rapi dipadukan dengan warna terang namu kalem membuat batik ini terlihat elegan.

5. Motif batik pring sedapur, Magetan

Sesuai namanya pring yang berarti bambu dalam bahasa Jawa, batik ini memiliki motif berupa susunan bambu yang indah, motif bambu yang di gunakan memiliki filosofi ketentraman, keteduhan dan kerukunan.

6. Batik motif sogan Solo

Batik ini biasanya menggunakan warna coklat, dimana motifnya berupa bunga bunga aksen titik dan lengkungan lengkungan, batik yang pada zaman dahulu hanya dipakai oleh orang orang keraton ini sekarang bisa dipakai oleh siapa saja.

Itu dia beberapa motif batik pekalongan dan motif lainnya. Bagaimana apa teman teman tertarik untuk memakai batik ? Atau sudah banyak dari teman teman yang mengoleksinya ?

Batik adalah karya asli Indonesia yang haruskita lestarikan keberadaannya, jangan sampai negara lain mengklaim kebudayaan kita ini yang disebabkan karena kita tidak memperdulikannya lagi. Ayo lestarikan budaya bangsa, salah satunya dengan batik.

BACA JUGA  WA 0812-2521-7523, Daftar Jasa Konveksi Baju, Kaos dan Pakaian di Yogyakarta

Sekian yang dapat kami sampaikan, mohon maaf atas kekurangannya, sekian dan terimakasih

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *